Relief Batu Paras Jogja Terbaik Yang Bisa Anda Temukan Di Internet

Sedang mencari ornamen untuk rumah Anda? Anda dapat menemukan relief batu paras Jogja di Blessing Stone yang merupakan relief batu paras Jogja terbaik yang dapat Anda temukan di internet. Beberapa relief yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik tampilan tembok pada rumah Anda seperti relief yang mengilustrasikan burung bangau yang sedang berburu ikan di kolam teratai atau relief yang menceritakan kelahirna Buddha dapat Anda peroleh di tempat kami.

Sebelumnya Mungkin Anda Akan Bertanya Apa Itu Relief

Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan Anda informasi yang berguna seputar dengan relief secara umum dan penempatannya pada batu paras Jogja. Oleh karena itu mari kita mulai dengan pengertian relief dan sedikit sejarahnya.

BATU UKIR

Relief yang kebanyakan masyarakat ketahui selalu berhubungan dengan candi-candi kuno dimana relief ini berfungsi untuk media informasi mengenai latar belakang dibangunnya candi atau dapat pula memuat peristiwa penting yang terjadi dalam sebuah keyakinan seperti buddha dan hindu.

Pengertian Dan Sejarah Singkat Relief

Pada dasarnya relief adalah seni pahat dan ukiran yang bergaya 3-dimensi yang biasanya dipahat di atas batu seperti batu paras Jogja ini. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa bentuk ukiran atau relief ini biasanya dijumpai pada bangunan candi, kuil, monumen dan tempat bersejarah kuno. Di Indonesia sendiri, yang paling populer adalah relief pada dinding candi Borobudur yang merupakan salah satu contoh relief terbaik yang digunakan masyarakat pada dinasti Sailendra untuk menggambarkan kehidupan sang Buddha dan ajaran-ajarannya.

BATU UKIR

Berbeda dengan di Indonesia, relief yang berada di Eropa, dapat Anda temukan pada kuil kuno Parthenon yang masih bisa Anda kunjungi dan lihat sampai sekarang sebagai peninggalan sejarah Yunani Kuno yang juga tidak kalah mengesankan.

Relief yang umumnya berada di bangunan kuno bersejarah ini bisa jadi merupakan ukiran yang berdiri sendiri, ataupun relief yang berfungsi sebagai bagian dari panel relief yang lain sehingga membentuk suatu rangkaian cerita atau ajaran. Pada Candi Borobudur sendiri misalkan ada lebih dari 1400 panel relief yang digunakan untuk menceritakan semua ajaran sang Buddha Gautama.

BATU UKIR

Beberapa Gaya Relief

Dari beberapa jenis relief yang bisa Anda temukan di seluruh dunia ada beberapa ciri khusus yang dapat Anda bedakan dari satu daerah dengan daerah lainnya sehingga Anda dapat membuat relief batu paras Jogja Anda sendiri dengan gaya sebagai berikut :

1. Relief tinggi

(bahasa Prancis : Haut-relief, bahasa Italia : Alto-rilievo, bahasa Inggris : High-relief)
Relief tinggi merupakan jenis relief dengan ukiran yang lebih menonjol keluar yang menampilkan kedalaman dimensi lebih dari 50 persen. Relief tinggi ini hampir memberikan tampilan seperti seni pahat patung yang utuh yang menempel pada dasar permukaan dinding daripada sebuah seni ukiran.

PENGRAJIN BATU UKIR

Contoh relief tinggi yang paling tepat adalah sebagian besar arca periode Hindu-Buddha di Jawa yang bersandar pada stela sandaran arca, atau relief-relief dewata Lokapala pada candi Prambanan. Contoh lainnya adalah relief-relief Yunani dan Romawi kuno yang lebih menonjol.

2. Relief rendah

(bahasa Prancis: Bas-relief, bahasa Italia: Baso-rilievo, bahasa Inggris: Low-relief)
Relief rendah adalah jenis relief dengan ukiran yang sedikit menonjol dari dasar permukaan dinding. Tonjolan atau kedalaman ukirannya ini bervariasi dan biasanya hanya menonjol beberapa sentimeter saja atau kedalaman dimensi ukirannya kurang dari 50 persen. Contoh dari relief rendah atau bas-relief adalah relief-relief pada candi periode klasik Jawa kuno, misalnya relief pada candi Borobudur.

KERAJINAN BATU UKIR JOGJA
KERAJINAN BATU UKIR JOGJA

3. Relief dangkal

(bahasa Inggris: shallow-relief atau bahasa Italia: rilievo schiacciato)
Relief dangkal atau adalah jenis relief yang lebih dangkal dari relief rendah. Ukiran relief hanya berupa guratan-guratan tipis untuk menghilangkan material latar. Kebanyakan relief dangkal inilah yang dipakai untuk pembentukan relief pada batu ukir paras pada saat ini.
Bentuk dari relief dangkal dari batu alam paras Jogja ini dapat Anda sesuaikan dengan keinginan Anda, dapat berupa illustrasi dengan obyek satwa dan tumbuhan, atau pattern khas lainnya. Dengan begitu Anda tidak akan kehabisan inspirasi untuk membuat relief batu ukir paras Anda.

4. Relief tenggelam

(bahasa Inggris: sunken-relief)
Relief tenggelam atau adalah jenis relief di mana latar permukaan dinding dibiarkan utuh dan rata, sementara ukiran figur digambarkan tenggelam dicukil dalam permukaan dinding. Jenis relief seperti ini dapat Anda temukan dalam kesenian Mesir kuno. Meskipun gaya relief ini tidak begitu umum digunakan dalam relief kerajinan batu ukir paras namun Anda juga dapat menambahkannya ke dalam daftar perencanaan Anda, karena mungkin terdapat keistimewaan dalam kesederhanaan.

BATU UKIR PARAS

Jika Anda sudah memutuskan gaya relief seperti apa yang Anda inginkan, Anda langsung dapat menghubungi Blessing stone sebagai produsen relief batu paras jogja terbaik yang bisa Anda temukan di internet dengan berkunjung ke workshop kami atau menhubungi kami melalui kontak layanan konsumen kami.