Batu Paras Ukir Jogja: Relief

Batu Paras Ukir Jogja – Batu alam merupakan salah satu material yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat dalam komponen suatu bangunan. Secara umum batu alam dibedakan menjadi batu keras dan batu lunak.

  • Contoh batu alam keras yang sering dimanfaatkan sebagai bahan bangunan adalah:
  • Batu andesit
  • Batu sabak
  • Batu marmer
  • Batu granit
  • Contoh batu alam lunak yang sering dimanfaatkan sebagai bahan bangunan adalah:
  • Batu pasir (sandstone),contohnya:
  • Batu palimanan
  • Bali green
  • Batu breksi
  • Batu gamping (limestone), contohnya:
  • Batu paras
  • Batu candi

Batu paras umumnya berwarna putih. Batu paras ini dapat diukir menjadi berbagai motif yang cantik. Oleh karena itu batu paras biasa digunakan sebagai bahan baku dari industri batu paras ukir.

Di pasaran industri ukiran, batu paras berasal dari dua tempat yaitu dari Bali yang biasa disebut dengan “Batu Paras Taro” dan dari Yogyakarta yang biasa disebut “Batu Paras Yogya”. Batu paras Yogya ini berasal dari penambangan batu di kawasan pegunungan Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Karakteristik Batu Paras Ukir

Batu paras merupakan salah satu jenis batu gamping (limestone). Batu ini memiliki ciri khas yaitu teksturnya yang halus. Batu ini komponen utamanya adalah kapur / kalsium karbonat (CaCO3) sebesar 95%. Batu paras memiliki tingkat porositas yang tinggi sehingga mudah menyerap air sehingga lembab. Batu yang lembab ini tentunya sangat disukai oleh jamur.

relief Batu Paras Ukir Jogja

Sehingga, apabila ingin memanfaatkan batu paras untuk di luar ruangan atau sebagai eksterior bangunan, Anda harus berhati-hati. Sebaiknya batu paras ini dilapisi dengan coating terlebih dahulu agar pori-porinya tertutup sehingga air tidak bisa meresap ke dalam batu dan mencegah tumbuhnya jamur. Untuk di dalam ruangan atau interior bangunan Anda bisa memasang batu paras tanpa perlu proses coating terlebih dahulu. Namun apabila Anda menginginkan agar material tersebut lebih awet tidak ada salahnya Anda lakukan coating terlebih dahulu pada batu paras yang akan digunakan.

Sentra Industri Batu Paras Ukir Jogja

Nah, bagi Anda yang sedang mencari berbagai macam batu paras ukir Jogja untuk kebutuhan interior ataupun eksterior bangunan Anda bisa percayakan kepada Blessing Stone. Blessing Stone merupakan salah satu sentra pengrajin batu paras ukir Jogja yang terkenal, termurah, terpecaya, dan tentunya kualitas ukiran yang dihasilkan sangat cantik.

Batu Paras Ukir Jogja

Anda tidak perlu ragu karena Blessing Stone sangat mengutamakan kualitas produk yang dijual. Pemilihan bahan baku batu paras sendiri dipilih yang kualitasnya baik sehingga akan awet ketika digunakan. Penambangan batu paras di Gunung Kidul sangat banyak dan beragam, semuanya tentu memiliki kualitas berbeda-beda. Blessing Stone menggunakan batu paras dengan kualitas terbaik. Pekerjanya pun merupakan para pekerja yang handal dan sudah berpengalaman dalam seni ukir sehingga ukiran yang dihasilkan tentunya sangat indah dah estetik. Blessing Stone dapat melakukan pengiriman ke berbagai kota di Indonesia. Jadi untuk Anda yang tinggal di luar kawasan Jogja tidak perlu khawatir, Blessing Stone siap meluncur mengantarkan pesanan untuk Anda.

Batu paras yang digunakan sebagai bahan baku ukiran oleh Blessing Stone adalah batu alam paras Yogya atau batu putih. Blessing Stone memproduksi berbagai model batu paras ukir jogja sesuai fungsinya masing-masing yaitu relief, roster, lampion, ornamen, dan pot.

Produk Ukiran Relief Oleh Blessing Stone

Relief merupakan salah satu seni pahat dan ukir yang berwujud 3 dimensi biasa berada di atas batu ataupun dinding suatu bangunan, candi, monumen, maupun tempat sejarah.

Untuk produk relief, Blessing Stone memiliki banyak sekali motif ukiran yaitu: motif bunga mawar, motif burung merak, kaligrafi tauhid, motif daun, motif pemandangan alam, motif tanaman hias, motif lurik, dan masih banyak motif lainnya.

Relief motif bunga mawar dan motif burung merak memiliki kesan yang indah, anggun, dan cantik. Setiap bangunan yang memiliki relief ini akan menimbulkan kesan elegan jika dipandang.

Relief ukiran motif kaligrafi tauhid terdiri dari kaligrafi arab bertuliskan Allah dan Muhammad. Ukiran ini sangat cocok digunakan dalam pembangunan masjid ataupun mushola.

Relief pemandangan alam terdiri dari berbagai jenis komponen alam biotik dan abiotik di dalamnya. Komponen biotik pada relief pemandangan alam terdiri atas flora seperti ukiran daun pisang, daun talas, bambu serta fauna yaitu burung yang hinggap di atas dahan. Semua komponen ini dipadu-padankan secara cantik sehingga tercipta relief pemandangan alam yang jika dilihat akan memberikan kesan menyejukkan dan damai. Dengan relief ini diharapkan bangunan akan tercipta suasana yang adem, sejuk, damai, dan menentramkan jiwa.

Berbagai motif relief ini bisa Anda gunakan sebagai hiasan di dinding, pagar, ataupun gapura bangunan. Relief ini akan menimbulkan kesan elegan seperti di candi-candi. Tentunya tidak hanya candi saja yang mempunyai relief, rumah Anda pun bisa.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Blessing Stone Anda bisa mengakses website batuukirjogja.com atau menghubungi nomor whatsapp 0822 2717 0881. Melalui website tersebut Anda dapat melihat dan memilih berbagai macam jenis ukiran yang diproduksi oleh Blessing Stone karena masing-masing ukiran telah dicantumkan portofolionya berupa foto produk. Anda juga bisa datang langsung datang ke alamat Blessing Stone di Jl. Raya Kasongan, Kajen, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, DIY 55184.

Tunggu apa lagi? Ayo percayakan kebutuhan batu ukir jogja dengan Blessing Stone, pusat kerajinan batu ukir paras Jogja terbaik dan amanah di Yogyakarta.