Beragam Ukiran Batu Paras Putih
batu paras ukir JOGJA

Seni ukir di Indonesia sudah mengalami banyak perkembangan yang signifikan dari awalnya penemuannya oleh nenek moyang kita sekitar tahun 1.500 sebelum masehi. Sampai saat ini tidak jarang seni ukir mengisi setiap sudut-sudut pandangan kita seperti pada bangunan rumah, tampilan digital pada iklan sampai dengan peralatan yang kita gunakan sehari-hari, meskipun jarang kita sadari keberadaannya akan tetapi sulit untuk menyangkal bahwa seni ukir sudah meresap kedalam aspek kehidupan kita saat ini. Ada banyak produsen yang menjual produk ukiran ini, mulai dari penjual produk ukiran batu paras di Jogja sampai dengan para seniman desain grafis yang memanfaatkan bentuk ukiran sebagai atribut dalam desainnya.

Memahami Manfaat Dan Pesan Pada Seni Ukir

Namun tidak banyak dari kita yang benar-benar mengetahui apa itu seni memahat yang sesungguhnya sehingga kita sedikit mengabaikannya. Menurut satu sumber literatur yang kami dapatkan Seni ukir dapat diartikan sebagai kumpulan gambar atau ukiran yang berbentuk cekung maupun yang berbentuk cembung yang menghasilkan bentuk keindahan. Padahal jika kita bisa memahami lebih lanjut seni ukiran ini maka kita akan mengetahui lebih dalam tentang arti sebuah ukiran yang muncul.

LAMPION BATU PARAS UKIR

Pada masa lalu seni ukir ini sangat penting karena hasil ukiran ini dapat berupa cerita maupun gambar yang memberikan sebuah arti atau penjelasan dari sebuah peristiwa penting, yang berbentuk seperti relief pada candi atau tulisan pada prasasti. Maka kita dapat mengatakan bahwa seni ukir ini tidak hanya menjadi salah satu obyek pahatan berupa gambar atau tulisan yang menampilkan keindahan saja, namun juga bisa menjadi merupakan sebuah penjelasan dari sebuah peristiwa sejarah penting yang telah terjadi.

Selain itu pengertian seni ukir juga dapat dijabarkan menjadi suatu pahatan atau ukiran yang membentuk suatu gambar tertentu pada sebuah permukaan. Bahan ini bisa apa saja, mulai dari batu paras putih Jogja,  kayu jati jepara, tanah liat bantul, batu andesit gunung merapi, dan lain sebagainya. Dapat dikatakan juga bahwa jenis kesenian ini merupakan kegiatan mengolah permukaan dari bahan 2 dimensi menjadi beragam bentuk.

POT DARI BATU UKIR PARAS

Jenis-Jenis Ukiran Umum

Ada beberapa jenis ukiran yang perlu kita kenal yang berasal dari beragam latar belakang budaya seperti

  1. Ukiran Tebuk Tembus
  2. Ukiran Bunga Timbul
  3. Ukiran Arca
  4. Larik
  5. Ukiran Kayu Hanyut

Bahan Baku Ukiran Batu Paras Putih

Dalam membetuk pahatan tentunya akan sangat dipengaruhi oleh jenis bahan yang digunakan. Dalam hal ini kami akan memberikan penjelasan mengenai salah satu bahan baku yang menarik dan khas dari Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu batu paras putih yang banyak terdapat di Wonosari Gunung Kidul.

Karena batu paras Jogja ini merupakan salah satu jenis sandstone maka permukaannya cenderung lebih mudah untuk dibentuk menjadi sebuah obyek baik itu ukiran maupun patung. Anda dapat menemukan banyak produsen yang menjual beragam produk ukiran maupun patung batu paras putih Jogja ini. Salah satunya adalah blessing stone kami yang memiliki ragam varian produk ukiran batu paras putih yang dapat kami kirimkan ke seluruh Indonesia dan penjuru dunia.

ORNAMEN DINDING BATU UKIR PARAS

Mengenal Jenis Ukiran Pada Batu Paras Putih Khas Yogyakarta

Meskipun Anda dapat memesan bentuk apapun yang Anda inginkan untuk produk ukiran batu paras putih ini, namun para produsen seperti kami juga memiliki pattern unik yang dapat membedakan karya kami dengan karya dari daerah lainnya. Pertama tama mari kita jelajahi motif seni ukiran khas Yogyakarta terlebih dahulu.

Perlu Anda ketahui bahwa motif Yogyakarta ini juga merupakan motif khas tradisional Jawa yang menggunakan nama kerajaan yang berkembang di wilayah tersebut. Yaitu Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat yang masih tetap berdiri sampai saat ini.

BATU UKIR PARAS

Motif seni ukiran dari Yogyakarta ini memiliki ciri khas, yaitu daun pakis. Ukiran daun pokok berelung-relung, yang digambarkan dengan lemah gemulai dengan bentuk daun cembung dan cekung yang tumbuh pada relung tersebut. Pada akhir relung ini biasanya sering ditambah dengan bentuk bunga indah yang sedang bermekaran. Bunga yang mekar ini memiliki simbol seorang gadis muda yang sedang mekar-mekarnya dan dapat juga melambangkan masa awal perkembangan menuju suatu kemajuan yang lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa seseorang haruslah punya cita-cita yang tinggi untuk meraih masa depan yang indah.

Anda dapat mengaplikasikan ukiran ini dimana pun Anda mau, terutama jika Anda sedang membangun rumah baru Anda dapat mengaplikasikan ukiran batu paras putih Jogja ini untuk dinding Anda, atau Anda menginginkan produk ukiran patu paras putih Jogja yang lain seperti patung atau ornamen pada air mancur Anda, kami dapat membuatkannya untuk Anda dengan kualitas terbaik.

batu paras ukir

Sebagai penjual produk ukiran batu paras putih Jogja kami menyediakan beragam motif yang menarik yang dapat Anda pilih, Anda pun bisa memesan bentuk spesifik lain sesuai dengan yang Anda inginkan. Selain itu kami juga dapat memberikan penawaran khusus dan layanan pengiriman ke seluruh Indonesia. Jika Anda berkesempatan mengunjungi workshop kami, Anda dapat dengan mudah menemukan bentuk ukiran khas Yogyakarta ini pada produk ukiran batu paras putih Jogja yang menawan dan indah di tempat kami.