Tentang Seni Ukir Batu Paras Ukir Jogja

Tentang Seni Ukir Batu Paras Ukir Jogja – Berbicara mengenai seni tidak aka nada habisnya ditambah lagi jika yang dibahas adalah seni di Indonesia. Indonesia memang sudah dianggap sebagai Negara dengan ribuan kesenian. Baik seni tari, seni kriya, seni music hingga seni rupa. Banyak daerah di Indonesia yang memiliki kebudayaan tradisional yang masih kental sehingga kesenian masih menjadi adat yang benar-benar dijaga. Seperti daerah Jawa Timur misalnya, masih banyak ditemukan kesenian tari bahkan terus diturunkan kepada anak cucunya.

batu paras ukir JOGJA

Salah satu tari yang masih banyak dijumpai ialah Tari Remo dari Surabaya dan Tari Reog dari Kabupaten Ponorogo. Bergeser ke kesenian lain, ada seni rupa yang masih gencar dan bisa kita temui dengan mudah. Mengapa? Seni rupa berkaitan dengan gambar, hal yang bisa dipajang seperti lukisan, gambaran atau bahkan patung dan ukiran yang dijadikan kebutuhan religi bagi agama tertentu.

Berbicara mengenai seni rupa, sudahkah anda tahu tentang seni ukir? Seni ukir termasuk dalam bagian seni rupa juga, namun seni ukir terkhusus pada kegiatan yang mengolah permukaan suatu objek trimatra (tiga dimensi) dengan membuat perbedaan ketinggian dari permukaan yang diukir tersebut. Hal itulah yang mampu menghasilkan produk karya seni berupa ukiran dengan bentuk permukaan tidak rata. Biasanya yang diukir ialah batu-batuan. Seperti di Yogyakarta banyak kita temui batu paras ukir Jogja yang membuat relief-relief yang indah.

Pengertian Seni Ukir

Dalam pembuatan seni ukir tidak terlepas dari sebuah kegiatan mengukir. Mengukir sendiri memiliki arti yaitu sebagai kegiatan yang menggores atau menorah atau bisa juga memahatkan pola pada suatu permukaan benda yang diukir. Pola yang digunakan ialah berupa desain yang dikehendaki. Dalam proses pengukiran, pengukir akan mengurangi serta membuang bagian-bagian yang tidak diperlukan. Hal ini demi terbentuknya sebuah ornament yang artistic.

batu paras ukir jogja

Termasuk dalam seni rupa sehingga produk yang dihasilkan dari kegiatan pengukiran tersebut dapat dinikmati secara kasat mata atau dapat dilihat oleh mata telanjang. Fungsi pengukiran sendiri memang untuk dapat dinikmati keindahannya sehingga biasanya ornament atau ukiran yang dihasilkan memiliki keindahan tersendiri tergantung makna atau simbol apa yang akan di tonjolkan.

Bahan Seni Ukir

Mengenai bahan apa yang digunakan dalam kegiatan mengukir, biasanya seniman ukir mengukir pada benda yang dikehendaki oleh kliennya dan juga tergantung penggunaan ukiran tersebut nantinya. Apakah digunakan untuk kepentingan religi atau hanya sebagai hiasan saja. Biasanya seniman ukir melakukan kegiatan pengukiran pada batu, kayu, logam, tulang atau bahkan buah. Di Blessingstone terdapat jasa pengukiran batu paras ukir jogja, biasanya bahannya ialah batu alam.

Seni Ukir Relief

Pernahkah anda mengunjungi Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Prambanan atau bahkan candi-candi yang lain? Jika anda pernah mengunjungi lokasi-lokasi tersebut maka sudah bisa dipastikan bahwa anda sudah mengetahui tentang seni ukir dengan bentuk relief. Seni ukir relief merupakan cabang dari seni rupa 3 dimensi dimana wujud gambarannya ialah pada dinding yang diukir atau dipahat. Jika anda melihat relief pada candi-candi diatas, maka anda sebenarnya sudah mengetahui tentang seni ukir relief pada batu alam.

Relief batu alam memang sangat menarik dan jika dilihat terkesan mahal. Para kolektor benda seni atau mereka yang memiliki harta yang cukup banyak biasanya gemar untuk mengoleksi relief batu alam sebagai hiasan dinding. Relief batu alam biasanya terbuat dari batu lava gunung merapi. Batu lava yang dimaksud terbentuk dari lelehan larva pijar gunung merapi yang sudah tertimbun dalam tanah yang usianya biasanya mencapai ratusan tahun. Mengapa banyak orang yang rela menghabiskan uangnya untuk memiliki relief batu alam? Karena relief batu alam memang memiliki kesan yang indah, alam, religi serta memiliki keindahaan mewah yang terkesan alami jika dijadikan hiasan dinding di rumah.

Bagi anda yang ingin memiliki relief batu paras, anda bisa menghubungi Blessingstone untuk memenuhi keinginan anda tersebut. Percayakan pada blessingstone, karena kami sebagai pengrajin batu paras ukir jogja terbaik di Yogyakarta selalu menjaga hasil karya yang bagus, rapi dan tidak mengecewakan. Blessingstone berada di Yogyakarta tepatnya di Jl. Raya Kasongan, Kajen, Bangunjiwo, Bantul, DIY 55184. Anda pasti sudah tahu bukan bagaimana kualitas seniman-seniman Jogja? Kami bekerja sama dengan banyak seniman Jogja untuk membuat karya batu paras ukir jogja yang unik dan terkesan mahal serta mewah meskipun harganya cukup terjangkau. Anda bisa mengunjungi alamat kami diatas untuk melihat berbagai karya batu paras ukir jogja kami atau anda bisa mengunjungi website kami yang juga menampilkan berbagai contoh ukiran kami di batuukirjogja.com. Untuk konsultasi atau tanya jawab serta order via WA ataupun Telpon anda bisa menghubungi kami di 082227170881 atau anda juga bisa menghubungi kami di blessingstone99@gmail.com.