Jenis Jenis Batuan Beku

Batu merupakan salah satu benda padat yang terbentuk dari mineral bumi. Banyak sekali manfaat yang didapat dari batuan seperti dijadikan sebuah kerajinan atau bahan bangunan. Selain itu juga ada banyak varian contoh jenis dan macam-macam batuan berdasarkan proses pembentukannya.

Arti batuan menurut dari KBBI merupakan benda keras dan padat yang berasal dari bumi atau planet lain. Sementara pengertian batu atau batuan secara umum merupakan sebuah benda padat atau solid yang tebuat secara alami dari mineral dan atau mineraloid di lapisan Bumi.

Ada berbagai macam batuan yang ada di Negara Indonesia. Jenis jenis batuan dikelompokkan menjadi tiga yakni jenis batuan beku, jenis batuan sedimen atau endapan serta jenis batu batuan metamorf atau malihan. setiap batu memiliki perbedaan dari proses terbentuknya serta ciri khas tiap macam batu-batuan.

Batuan beku merupakan batuan yang terbentuk dari magma cair, batuan sedimen akan terbentuk dari endapan sedimen dan tekanan bahan tertentu sedangkan batuan metamorf terbentuk melalui salah satu dari dua cara yang disebut terdahulu yang kemudian berubah akibat suhu dan tekanan.

Berikut akan dijelaskan jenis batu-batuan yang ada di Indonesia meliputi jenis batuan beku, beserta proses terbentuknya, ciri-ciri, warna, manfaat selengkapnya.

Jenis-Jenis Batu Dari Batuan Beku

Pengertian batuan beku merupakan batuan yang terbentuk karena pembentukan magma dan lava yang membeku. Ada beberapa jenis batuan beku di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Batuan Apung

Jenis Jenis Batuan Beku 1

Batuan apung terbentuk dari pendinginan magma yang bergelembung-gelembung gas. Ciri-ciri batuan apung adalah memiliki warna abu abu , berpori-pori, bergelembung, beratnya  ringan serta terapung  didalam air.

Kegunaan batuan apung antara lain dapat digunakan untuk mengamplas untuk menghaluskan sebuah kayu, selanjutnya juga digunakan sebagai bahan pengisi dan isolator temperatur tinggi dalam sebuah bidang industri.

  1. Batuan Obsidian

Jenis Jenis Batuan Beku 2

Batuan obsidian terbentuk dari lava permukaan yang mendingin dengan cepat. Ciri-ciri batuan obsidian yaitu memiliki warna hitam, terlihat seperti kaca dan tidak ada kristal-kristal.

Pada masa purbakala, batuan obsidian dapat digunakan untuk alat pemotong atau ujung tombak. Kini kegunaan batuan obsidian bisa dijadikan sebagai bahan kerajinan.

  1. Batuan Granit

Jenis Jenis Batuan Beku 3

Batuan granit terbentuk dari pendinginan magma yang terjadi dengan lambat di bawah permukaan bumi. Ciri-ciri batuan granit terdiri atas kristal-kristal yang kasar dan berwarna putih sampai abu-abu, kadang-kadang jingga.

Batuan ini banyak ditemukan di daerah pinggiran pantai dan di pinggiran sungai besar ataupun di dasar sungai. Kegunaan batuan granit dapat digunakan sebagai bahan bangunan.

  1. Batuan Basalt

Jenis Jenis Batuan Beku 4

Batuan basalt terbentuk dari pendinginan lava yanng mengandung gas tetapi gasnya telah menguap. Ciri-ciri batuan basalt terdiri atas kristal-kristal yang sangat kecil, berwarna hijau abu abu dan berlubang-lubang

Kegunaan batuan basalt dapat digunakan sebagai bahan baku dalam industri poles, bahan bangunan dan juga sebagai pondasi bangunan seperti gedung,  jalan,  jembatan dan sebagainya.

  1. Batuan Diorit

Jenis Jenis Batuan Beku 5

Batuan diorit akan terbentuk dari hasil sebuah peleburan lantai samudra yang bersifat mafik pada  suatu zone subduction, biasanya diproduksi pada busur lingkaran vulkanis dan akan membentuk suatu gunung di dalam sebuah cordilleran.

Ciri-ciri batuan diorit adalah berwarna kelabu bercampur putih atau hitam bercampur putih. Kegunaan batuan diorit sebagai batu ornamen dinding maupun lantai bangunan gedung dan sebagai hiasan bahan bangunan.

  1. Batuan Andesit

Jenis Jenis Batuan Beku 6

Batuan andesit terbentuk berasal dari lelehan lava gunung berapi yang meletus, selanjutnya akan terbentuk dan membeku ketika temperatur lava yang meleleh turun antara 900 sampai dengan 1,100 derajat Celsius.

Ciri-ciri batuan andesit yaitu memiliki tekstur halus, berwarna abu-abu hijau tetapi sering merah atau jingga. Kegunaan batuan andesit adalah digunakan sebagai batu nisan kuburan, cobek, arca untuk hiasan serta sebagai batuan pembuat candi.

  1. Batuan Gabro

Jenis Jenis Batuan Beku 7

Batuan gabro terbentuk dari magma yang membeku di dalam gunung. Ciri-ciri dari batuan gabro adalah berwarna hitam, hijau, dan abu-abu gelap. Struktur batuan ini adalah massive, tidak terdapat rongga atau lubang udara maupun retakan-retakan.

Batuan ini memiliki tekstur fanerik karena mineralnya dapat dilihat langsung secara kasat mata dan bentuk mineralnya besar-besar. Kegunaan batuan gabro yaitu sebagai penghasil pelapis dinding dan sebagai marmer dinding.

  1. Batuan Liparit

Jenis Jenis Batuan Beku 8

Batuan liparit juga menjadi salah satu dari jenis batuan beku. Batuan liparit terbentuk dari berbagai macam mineral antara lain mineral feldspar, kuarsa, biotit dan mineral-mineral lainnya yang berwarna gelap.

Sementara itu artikel dari Batu Ukir Jogja, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terimakasih sudah berkunjung ke laman website kami. Blessing stone merupakan salah satu pengrajin batu paras ukir jogja/batu putih berkualitas hasil ukiran yang memuaskan. Perbandingan sana sini mendapatkan Harga murah memang sangat menggiurkan. Dan kualitas yang menjanjikan dan ujung-ujungnya hasil kurang memuaskan. Blessing stone menghadirkan ukiran yang indah dan berkualitas.

Sangat Penting untuk diketahui sebelum memesan Silahkan menanyakan dan menyelidiki secara Detail dan Lengkap Informasi Penjual dan hasil Produknya.

Kenapa memilih hasil karya dari blessing stone? blessing stone adalah pengrajin atau pengukir batu alam yang sudah terpercaya akan hasil produk yang memuaskan. Lebih bagus, lebih detail, lebih rapi, lebih hidup.

“Nominal bukanlah sebuah ukuran untuk mendapatkan keindahan”

Close Menu
Open chat
1
Hai ada yang bisa kami bantu?
Powered by